Jumat, 16 April 2010

komunikasi atau pergaulan remaja digital masa kini

Semakin majunya perkembangan teknologi, maka akan semakin mudah bagi para remaja untuk berkomunikasi, bergaul maupun bersosialisasi dengan satu sama lain. Hal-hal yang dilakukan anak-anak remaja kebanyakan berhubungan dengan alat-alat digital yang semakin canggih. Setiap hari, para remaja pasti menggunakan ponsel, komputer atau laptop, televisi, dan alat-alat elektonik lainnya.

Jaman sekarang hampir setiap remaja mempunyai telepon genggam. Pada umumnya anak muda menggunakan telepon genggam yang canggih seperti blackberry. Blackberry sangat canggih sekali dalam hal untuk berkomunikasi. Blackberry memudahkan orang untuk mengakses internet. Dalam hal asyik bermain situs seperti facebook, twitter, friendster, messenger, browsing dan blackberry messenger adalah hal utama yang digunakan para remaja sekarang, menjadikan anak muda mempunyai keterikatan dengan alat-alat elektronik seperti ini.

Demikian juga halnya dengan komputer dimana seharusnya komputer atau laptop digunakan anak-anak muda untuk membuat tugas ataupun membantu untuk mencari data yang dibutuhkan lewat akses internet, tetapi malah lebih dipakai sebagai alat komunikasi seperti chatting, mencari pasangan, promosi atau memasang iklan untuk menjual barang-barang dan lainnya. Televisi juga salah satu media yang mempengaruhi pergaulan remaja. Televisi dalam satu hal bisa menambahkan pengetahuan bagi anak-anak remaja tapi juga bisa mempengaruhi kehidupan anak remaja melalui program yang keras atau kurang mendidik.

Alat-alat elektonik seperti ini, bisa memberi dampak positif maupun dampak negatif. Hal positif bagi para remaja untuk bisa mengakses internet bisa memajukan pengetahuan dan mengembangkan pikiran mereka untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan teman, keluarga dan lingkungan sekitar. Hal itu, bisa membuat anak remaja menjadi lebih dekat satu dengan lainnya. Anak muda juga bisa lebih mengetahui informasi yang penting lebih cepat dan up to date.

Sedangkan dampak negatif yang bisa terjadi yaitu anak muda bisa mengakses apapun untuk bergaul dengan hal-hal yang tidak sepantasnya. Bukan cuma itu, alat-alat elektronik ini dapat menyebabkan ketergantungan yang mengganggu aktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut pendapat saya, anak-anak remaja masa kini sudah seperti mempunyai dunia digitalnya sendiri. Era digital semakin mendekati kenyataan bahwa anak-anak muda sekarang terobsesi dengan alat-alat digital yang mereka punyai. Setiap hari, mereka tidak lupa menggunakan alat digital tersebut untuk memperlancar aktivitas mereka. Hal itu bisa memberikan dampak yang positif dan negatif. Oleh karena itu, saya menyarankan bahwa anak muda harus berhati-hati dalam menggunakan alat digital untuk meluaskan pergaulan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar