Kamis, 06 Mei 2010

Pentingnya mempertahankan nilai-nilai budaya sendiri

Sudah beberapa tahun ini, dunia berkembang dan berjalan dengan sangat pesat. Apa yang tersisa dari masa lalu bagi Negara Indonesia ini? Orang-orang sudah melupakan asset yang penting dari negara kita ini yaitu budaya bangsa. Budaya Indonesia mempunyai nilai-nilai yang sangat dijunjung tinggi bagi sebagian rakyat. Namun kini sebagian besar rakyat lainnya sudah melupakan betapa pentingnya untuk mempertahankan nilai-nilai budaya negara kita. Padahal, ada banyak yang bisa dilakukan oleh masyarakat untuk mempertahankan betapa pentingnya nilai-nilai budaya sendiri.

Salah satu alasan mengapa kita, sebagai warga negara Indonesia harus mempertahankan nilai-nilai budaya sendiri karena budaya tersebut mencerminkan identitas negara termasuk kepribadian bangsa-bangsa. Budaya-budaya tersebut sudah diwariskan oleh nenek moyang kita untuk diteruskan turun temurun dan dihormati dengan sungguh-sungguh oleh seluruh bangsa. Seperti contohnya rumah-rumah adat, lagu adat, pakaian adat dan juga tarian bisa dikembangkan bangsa dengan cara mementaskan sebuah pertunjukan bagi para turis yang berdatangan. Apabila terutama yang membawakannya adalah para remaja.

Selain sebagai identitas negara, ada juga pengaruh budaya asing yang masuk kedalam budaya negara Indonesia. Budaya asing ada baiknya untuk menciptakan suasana budaya yang lebih baru. Akan tetapi, sebagian masyarakat sudah melupakan budaya sendiri dan mengikuti budaya-budaya asing lainnya. Hal itu bisa dilihat dari dampak budaya asing yang mencampuri budaya kita. Maka dari itu, nilai-nilai budaya Indonesia harus dipertahankan lebih lagi agar budaya kita bisa dikenal oleh negara-negara lainnya.

Jikalau kita bisa mempertahankan nilai-nilai budaya, akan mempengaruhi perkembangan negara. Negara Indonesia akan semakin maju dan mempunyai jalinan atau hubungan yang baik dengan negara lain. Dengan adanya hubungan yang kuat antar negara, Indonesia bisa mendapatkan keuntungan dalam berhubungan dengan berbagai negara.

Menurut opini saya, warga negara Indonesia berhak dan wajib untuk melestarikan nilai-nilai budaya negaranya sendiri. Dengan mempertahankan budaya-budaya Indonesia, negara akan dapat banyak keuntungan. Seperti, negara akan semakin dikenal oleh negara lain yang mencerminkan kehidupan bangsa dan budaya negara kita. Oleh sebab itu, saya akan berusaha untuk melakukan apa yang remaja bisa lakukan untuk memajukan nilai-nilai budaya tersebut.

Saran saya untuk hal ini adalah agar semua masyarakat Indonesia dapat melestarikan budaya bangsa yang mempunyai nilai-nilai budaya yang tinggi. Karena hal tersebut sangat penting dan kita jugalah pewaris yang seharusnya mengembangkan budaya negara kita, bukan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar